Pages - Menu

Kamis, 15 Desember 2011

Mesin Press

Dalam sebuah industri kayu, pekerjaan pengepresan sangat penting peranannya. Baik itu untuk perakitan ataupun untuk pengerjaan laminasi. Pengepresan dilakukan untuk membantu pengerjaan pengeleman supaya hasil dari pengeleman menjadi maksimal.
Ada banyak macam alat press yang bisa digunakan dalam industri mebel. dari mulai yang konvesional hingga yang canggih. Tentunya tergantung kebutuhan dan ketersediaan anggaran yang dimiliki sebuah perusahaan. Karena mesin press yang bagus tentunya berharga mahal.
Jika pengerjaannya untuk assembling atau perakitan bisa menggunakan table press yang menggunakan 2 atau 3 cylinder hydrolis kecil. yang harganya tidak terlalu mahal. Bahkan di bengkel-bengkel mebel skala kecil, pengepresan dikerjakan hanya dengan alat press manual bahkan ada yang menggunakan tali atau dengan karet.
Namun jika pengerjaan pengepresan untuk laminasi dan dengan volume pengerjaan yang sangat banyak mungkin  perlu sebuah mesin pres yang memadahi. Mesin yang dimaksud bisa berupa mesin hot press, cold press atau dengan menggunakan press rotary. Alat ini bisa membantu pengerjaan pengepresan dengan kapasitas yang banyak serta hasil pengerjaan yang maksimal. Untuk masalah harga mesin-mesin tersebut tentunya tidak murah. Bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah. Mesin-mesin tersebut juga perlu alat pendukung lain untuk bisa digunakan. Seperti daya listrik yang besar dan kompresor dengan kemampuan yang cukup.
Dengan menggunakan mesin press yang memadahi tentunya akan menghasilkan produk yang berkwalitas.